SLPTT DI DESA SIMOREJO

Kelompok Tani (Poktan) merupakan kumpulan petani yang terbentuk atas dasar kesamaan kondisi lingkungan guna peningkatan pengembangan usaha. Di Desa Simorejo Kecamatan Kanor berdiri beberapa kelompok tani, salah satunya Kelompok Tani Sido Makmur yang ada di Desa Simorejo Kecamatan Kanor.

Senin, 21 Juni 2021 Kelompok Tani Sido Makmur melaksanakan salah satu fungsinya, yaitu kelas belajar. Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) merupakan salah satu bentuk pelaksanaan kelas belajar. Sekolah Lapang yang dilaksanakan di rumah Ketua Kelompok Tani Sumber Pangan, yaitu Bpk. H. Sukairi ini menjadi sarana belajar bagi anggota kelompok tani.

Suasana syahdu akibat mendung yang menggelantung sehingga matahari malu-malu untuk menampakkan diri tidak menjadi halangan bagi para peserta sekolah lapang untuk memperoleh pengetahuan. Penjelasan dari Ibu Isna Royyana atau biasa dipanggil Mbak Yana, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Simorejo didengarkan dengan saksama oleh para peserta sekolah lapang.

Petugas dari Petro Gresik mendapat giliran setelah pemaparan dari PPL Desa Simorejo. Peserta yang antusias mendengarkan pemarapan dari petugas seputar pemupukan tanaman padi dan tembakau akhirnya memunculkan pertanyaan. Tanya jawab yang sangat seru namun hangat pun terjadi antara petugas dan peserta yang terdiri dari beberapa kelompok tani di Desa Simorejo Kecamatan Kanor. Kegiatan kali ini berakhir seiring dengan berkumandangnya azan zuhur. Semoga sekolah lapang terpadu kali ini bisa diterapkan di lapangan sehingga penghasilan petani pun meningkat. Amin. (Nyun)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*