SDGS Desa, Apa Itu?

Foto: Nur Khoiro

(Simorejo_Joss!!) Simorejo merupkan salah satu desa di wilayah Kecamatan Kanor. Simroejo treletak di bagian timur Kecamatan Kanor yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Baureno. Sementara itu di sebelah utara, selatan, dan barat Desa Simorejo berbatasan dengan desa-desa yang berada di wilayah Kecamatan Kanor. Sebagaimana desa lain, Desa Simorejo menerima dana transfer untuk mendukung pembangunan.

Salah satu jenis dana transfer adalah Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Program kerja unggulan dan harus dilaksanakan desa tahun 2021 adalah SDGS. Apa itu SDGS? SDGS merupakan kependekan dari Sustainable Development Goals. Secara garis besar SDGS bisa dikatakan sebagai tujuan pembangunan berkelanjutan. Apa bentuk kegiatan SDGS? Salah satunya adalah pendataan untuk setiap warga atau individu, keluarga, tingkat Rukun Tetangga, dan tingkat desa.

Melalui pendataan yang dilakukan tersebut diharapakan kondisi nyata masyarakat dapat diketahui, baik dari segi kesehatan, pendidikan, dan perekonomian. Mengapa harus dimulai dari desa? Ya. Oleh karena desa merupakan ujung tombak pembangunan. Pada masa mendatang hasil pendataan ini bisa dijadikan acuan dalam rangka penyusunan program kerja. Dengan demikian, pembangunan yang direncanakan tidak jauh dari kondisi masyarakat. Harapannya pembangunan yang dilaksanakan di tingkat desa tepat sasaran. Pada masa mendatang diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan.

Desa Simorejo telah melaksanakan sosialisasi dan pembentukan kelompok kerja SDGS Desa. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 April 2021. Mengambil tempat di Pendopo Desa Simorejo, kegiatan ini berjalan lancar. Pengisi kegiatan dalam acara tersebut antara lain Kepala Desa Simorejo, Pendamping Desa Simorejo, Babinsa Desa Simorejo, dan Babinkamtibmas Desa Simorejo. Hadir dalam kegiatan tersebut Badan Permusyawaratan Desa, LPMD, RT/RW, dan tokoh masyarakat. Semoga kegiatan ini membawa barokah bagi kehidupan masyarakat Desa Simorejo. (Nyun)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*